TUGAS RPL (REKAYASA
PERANGKAT LUNAK)
Design
Sistem Informasi
APLIKASI
SISTEM AKADEMIK
ANGGA PUTRA AJIANTO
13043002
ANGGA PUTRA AJIANTO
13043002
1.
PENDAHULUAN
1.1 LATAR
BELAKANG MASALAH
Informasi
adalah salah satu kata kunci pada era globalisasi sekarang ini. Semua kegiatan
kita memerlukan informasi dan bisa dikatakan bahwa semua kegiatan kita di
tuntut untuk menghasilkan informasi. Untuk mendapatkan dan menghasilkan
informasi yang selalu terkini, komputer dan teknologi pendukungnya merupakan
alat bantu yang paling tepat. Tuntutan kebutuhan akan informasi dan penggunaan
komputer yang semakin banyak mendorong terbentuknya suatu jaringan komputer
yang mampu melayani berbagai kebutuhan tertentu. Dengan adanya jaringan
komputer, pengolaan informasi dapat dilakukan dengan lebih baik lagi.
Berkembangnya teknologi dan kebutuhan akan informasi menyebabkan bertambah
kompleksnya informasi yang harus dan yang bisa di olah, sehingga kebutuhan
penggunaan beberapa jaringan komputer bersama-sama ini tumbuh membentuk
jaringan komputer yang amat besar dan yang tersebar di seluruh belahan bumi
yang di kenal dengan jaringan internet.
Manajemen
Membutuhkan informasi sebagai dasar pengambilan keputusan mereka. Sistem
informasi merupakan peranan yang penting di dalam menyediakan informasi untuk
manajemen semua tingkatan. Tiap tiap kegiatan dan keputusan manajemen yang
berbeda membutuhkan informasi yang berbeda. Oleh karena itu untuk dapat
menyediakan informasi yang relavan dan berguna bagi manajemen, maka
pengembangan sistem informasi harus memahami terlebih dahulu kegiatan yang di
lakukan oleh manajemen dan tipe keputusanya. Dalam hal ini ADMIN yang mempunyai
kepentingan dalam menyediakan data untuk dapat di olah menjadi informasi. Dalam
pembuatan SISTEM AKADEMIK baru untuk Universitas adapun pelayan bagi mahasiswa
dalam berbagai proses akademik meliputi: layanan transkrip, jadwal kuliah,
jadwal praktikum, dan data data lain yang mencakup proses administrasi
akademik.
Tujuan Penelitian
1.
Mmbuat
design system informasi yang dibutuhkan dalam membuat aplikasi Sistem Akademik
2.
Membuat
Rancangan Sistem Akademik meliputi Rancangan FlowChart, Rancangan DFD (Level
0,1,2) dan Model Data Relationship (MDR)
3.
Membuat
Design antar muka (INTERFACE) untuk modul Mahasiswa, Dosen, dan petugas
Administrasi Kampus
Langkah pertama dalam merancang
suatu sistem adalah merancang sistem tersebut secara logika yang dapat di
mengerti oleh USER (Mahasiswa) dan
akhirnya dapat di kembangkan menjadi suatu aplikasi. Berikut susunan model
fungsi awal dengan menggunakan diagram konteks, DFD, dan MDR
1 DIAGRAM KONTEKS SISTEM
INFORMASI MANAJEMEN AKADEMIK UNIVERSITAS
Penjelasan Contex Diagram :
1. Administrator
, melakukan input data kedalam system serta
melakukan update jika terdapat penambahan data baru .Seorang admin memiliki hak
akses yang luas sehingga admin juga
diberikan laporan data nilai.
2. Staff
, diberikan hak untuk menginput data mahasiswa kedalam system untuk kemudian
dilaporkan secara online.
3. User
(Mahasiswa), diberikan hak untuk melihat laporan data mahasiswa dan laporan
informasi yang telah di input oleh staff.
2 DFD
3DFD 1
Flow chart pengembangan sistem informasi
Pada tahap ini, mendifinisikan prosedur dari pengembangan
sistem informasi mulai dari awal sampai akhir. Prosedur tersebut digambarkan
dalam flow chart.
Flow chart proses penambahan user
staff dan data akademik mahasiswa
Gambar berikut adalah flow chart proses penambahan user
staff dan data akademik mahasiswa oleh administrator.
Flow chart proses pengujian
MDR
Tidak ada komentar:
Posting Komentar