Selasa, 12 Januari 2016

Tugas Rekayasa Perangkat Lunak

TUGAS RPL (REKAYASA PERANGKAT LUNAK)
Design Sistem Informasi
APLIKASI SISTEM AKADEMIK

ANGGA PUTRA AJIANTO
13043002


1.      PENDAHULUAN
1.1   LATAR BELAKANG MASALAH
Informasi adalah salah satu kata kunci pada era globalisasi sekarang ini. Semua kegiatan kita memerlukan informasi dan bisa dikatakan bahwa semua kegiatan kita di tuntut untuk menghasilkan informasi. Untuk mendapatkan dan menghasilkan informasi yang selalu terkini, komputer dan teknologi pendukungnya merupakan alat bantu yang paling tepat. Tuntutan kebutuhan akan informasi dan penggunaan komputer yang semakin banyak mendorong terbentuknya suatu jaringan komputer yang mampu melayani berbagai kebutuhan tertentu. Dengan adanya jaringan komputer, pengolaan informasi dapat dilakukan dengan lebih baik lagi. Berkembangnya teknologi dan kebutuhan akan informasi menyebabkan bertambah kompleksnya informasi yang harus dan yang bisa di olah, sehingga kebutuhan penggunaan beberapa jaringan komputer bersama-sama ini tumbuh membentuk jaringan komputer yang amat besar dan yang tersebar di seluruh belahan bumi yang di kenal dengan jaringan internet.
Manajemen Membutuhkan informasi sebagai dasar pengambilan keputusan mereka. Sistem informasi merupakan peranan yang penting di dalam menyediakan informasi untuk manajemen semua tingkatan. Tiap tiap kegiatan dan keputusan manajemen yang berbeda membutuhkan informasi yang berbeda. Oleh karena itu untuk dapat menyediakan informasi yang relavan dan berguna bagi manajemen, maka pengembangan sistem informasi harus memahami terlebih dahulu kegiatan yang di lakukan oleh manajemen dan tipe keputusanya. Dalam hal ini ADMIN yang mempunyai kepentingan dalam menyediakan data untuk dapat di olah menjadi informasi. Dalam pembuatan SISTEM AKADEMIK baru untuk Universitas adapun pelayan bagi mahasiswa dalam berbagai proses akademik meliputi: layanan transkrip, jadwal kuliah, jadwal praktikum, dan data data lain yang mencakup proses administrasi akademik.



Tujuan Penelitian
1.     Mmbuat design system informasi yang dibutuhkan dalam membuat aplikasi Sistem Akademik
2.     Membuat Rancangan Sistem Akademik meliputi Rancangan FlowChart, Rancangan DFD (Level 0,1,2) dan Model Data Relationship (MDR)
3.     Membuat Design antar muka (INTERFACE) untuk modul Mahasiswa, Dosen, dan petugas Administrasi Kampus
Langkah pertama dalam merancang suatu sistem adalah merancang sistem tersebut secara logika yang dapat di mengerti oleh USER (Mahasiswa)  dan akhirnya dapat di kembangkan menjadi suatu aplikasi. Berikut susunan model fungsi awal dengan menggunakan diagram konteks, DFD, dan MDR

1 DIAGRAM KONTEKS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN AKADEMIK UNIVERSITAS






Penjelasan Contex Diagram :
1.      Administrator , melakukan input data kedalam  system serta melakukan update jika terdapat penambahan data baru .Seorang admin memiliki hak akses yang luas sehingga admin  juga diberikan laporan data nilai.
2.      Staff , diberikan hak untuk menginput data mahasiswa kedalam system untuk kemudian dilaporkan secara online.
3.      User (Mahasiswa), diberikan hak untuk melihat laporan data mahasiswa dan laporan informasi yang telah di input oleh staff.
                                               
2      DFD



3DFD 1



Flow chart pengembangan sistem informasi

 Pada tahap ini, mendifinisikan prosedur dari pengembangan sistem informasi mulai dari awal sampai akhir. Prosedur tersebut digambarkan dalam flow chart.



Flow chart proses penambahan user staff dan data akademik mahasiswa




 Gambar berikut adalah flow chart proses penambahan user staff dan data akademik mahasiswa oleh administrator.


Flow chart proses pengujian




MDR



INTERFACE




Tidak ada komentar:

Posting Komentar